Tiffany SNSD

Tiffany SNSD menuai banyak hujatan dari netizen Korea setelah dia mengunggah foto di akun Snapchat-nya beberapa waktu yang lalu. Netizen Korea menganggap bahwa Tiffany mengkhianati rasa nasionalisme dan tidak menghargai hari kemerdekaan Korea. Meskipun hanya berupa emoji dan stiker tetapi tampaknya kontroversi ini menjadi boomerang untuk Tiffany. Bahkan, kontroversi ini membuat komunitas netizen Korea meminta Tiffany untuk keluar dari industry hiburan Korea.

Kontroversi ini bermula tepatnya pada tanggal 14 Agustus lalu ketika Tiffany mengikuti konser ‘SM TOWN Live World Tour V’ di Jepang. Pada tanggal 15 Agustus, dia mengunggah beberapa postingan di sosial media yang memicu kemarahan netizen Korea. Postingan pertama yang menimbulkan kemarahan netizen adalah sebuah foto Tiffany bersama teman-temannya selama di Jepang. Foto tersebut terlihat sangat cute tetapi mata tajam netizen melihat bahwa dalam foto tersebut terdapat sebuah emoji hati dan bendera Jepang di bagian caption. Ditambah lagi, melalui akun Snapchat-nya, dia memposting stiker bertuliskan “Tokyo Japan” bercorak bendera Matahari Terbit. Dalam waktu singkat, setelah beberapa penggemar memperingatinya mengenai postingan bendera Jepang akan memancing kritik pedas dari netizen, dia menghapus postingannya tersebut.

10cbb12d-04fa-4002-aa23-61cba35e859c.jpg(Tiffany’s Instagram)

Penggunaan emoji bendera Jepang dan bendera matahari terbit dalam postingan Tiffany menyimbolkan kekuasaan kekaisaran Jepang dan pengingat kekejaman penjajahan yang dilakukan Jepang pada Korea.

755afeb5-cebc-4997-bf91-63e463e21d4b

Disaat yang bersamaan, Tiffany memposting emoji dan stiker tersebut bertepatan dengan hari kemerdekaan Korea yang jatuh pada tanggal 15 Agustus setiap tahunnya. Sehingga, hal ini menimbulkan kontroversi yang semakin memanas dan mengancam karir Tiffany di indutri hiburan Korea.

adaa3b90-c6ef-4fca-a816-50cbe38f6519(Tiffany’s Snapchat)

Setelah menimbulkan banyak kecaman dari netizen Korea, Tiffany memposting sebuah foto dengan tulisan tangan yang berisi permintaan maaf.

050640f3-a420-4e2f-be68-4ce4e6e023e2

 “Di hari yang penting seperti ini, aku minta maaf karena aku sudah membuat semua orang khawatir dengan kesalahanku. Dalam situasi ini, kesalahanku sudah mengecewakan banyak orang dan aku merasa malu pada diriku sendiri. Aku benar-benar menyesal atas apa yang aku lakukan. Di masa mendatang, aku akan bekerja keras untuk menjaga apa yang aku tulis dan bagaimana aku bersikap, sehingga hal seperti ini tidak terjadi lagi, dan berpikir hati-hati sebelum melakukan sesuatu. Sekali lagi, aku minta maaf atas kekurangan dan kesalahan terbesarku.”

Meskipun Tiffany sudah menyampaikan permintaan maafnya, tampaknya netizen tetap berang dan menolak permintaan maaf Tiffany dengan mengatakan: “Apakah kamu pikir sebuah surat bisa menyelesaikan segalanya?”

Akibat skandal ini, Tiffany tidak hanya mendapatkan kritik pedas dari netizen Korea tetapi mereka juga meminta Tiffany keluar dari program reality show “Unnies’ Slam Dunk.” Menanggapi hal ini, beberapa waktu yang lalu agensi SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa Tiffany resmi meninggalkan program tersebut.

Baca juga: Tiffany SNSD Debut Solo dengan MV “I Just Wanna Dance”

Bagaimana menurut Chingu mengenai skandal ini? Haruskah Tiffany meninggalkan indutri hiburan Korea?

Icha

2,280 total views, 1 views today

Leave a Reply