Moorim School Drama Review

Mengangkat tema fantasi remaja dan misteri, drama KBS2 “Moorim School” sempat menjadi drama yang diantisipasi di awal tahun 2016. Drama ini dibintangi oleh bintang-bintang muda berbakat seperti Lee Hyun Woo, Seo Ye Ji, Hongbin VIXX, dan Jung Yoo Jin. “Moorim School” tayang perdana di KBS2 tanggal 11 Januari 2016 dan berakhir pada tanggal 8 Maret 2016 setiap hari Senin dan Selasa pada pukul 22.00 KST menggantikan drama “Oh My Venus.”

Drama ini menceritakan tentang sebuah sekolah khusus yaitu “Moorim School” yang mengajarkan sesuatu yang unik. Sekolah ini tidak berfokus pada nilai akademik yang tinggi tetapi lebih mengajarkan pada moral yang baik seperti kejujuran, kesetiaan, persahabatan, pengorbanan dan komunikasi. Guru dan murid di sekolah tersebut datang dari negara yang berbeda dan mereka memiliki cerita masing-masing. Sekolah ini didirikan dibawah naungan Moorim Institute atau para anggota organisasi Moorim. Tidak hanya mengajarkan moral pada murid-muridnya, sekolah ini juga mengajarkan seni bela diri dengan beragam bidang seperti karate, taekwondo, hapkido, tinju, bela diri pedang dan lain sebagainya.


“Moorim School” Drama Review

“Moorim School” Drama Review

“Moorim School” mengisahkan tentang karakter Yoon Shi Woo (Lee Hyun Woo), seorang leader idol grup ternama Korea, Mobius yang pandai menulis lagu dan bernyanyi. Dia menjadi sombong dan tidak sopan karena merasa dirinya populer dan disukai banyak orang. Suatu hari, ketika grupnya akan tampil di suatu acara, tiba-tiba terjadi masalah dalam tubuh Shi Woo dimana dia merasa kesakitan dengan pendengarannya, dia tidak bisa mendengar apapun.

Meskipun terjadi masalah dengan pendengarannya, tetapi Shi Woo berhasil tampil dengan baik. Tetapi, masalah lain muncul, ketika tiba-tiba lampu panggung hampir jatuh. Beberapa staf memanggil-manggil Shi Woo tetapi dia tidak mendengar. Disaat yang sama, Hwang Sun Ah (Jung Yoo Jin), seorang fangirl Shi Woo melihat kejadian yang janggal tersebut kemudian berlari ke panggung. Tanpa diduga, Shi Woo memiliki bakat terpendam dimana dia bisa menghentikan lampu yang hampir jatuh mengenai dirinya dan membuat dia bisa menghindar dari lampu itu. Sun Ah melihat kejadian tersebut. Shi Woo pun merasakan sakit lagi di telinganya, dan saat itulah Sun Ah menyarankan Shi Woo untuk bergabung ke Moorim School karena kepala sekolah bisa menyembuhkan penyakit Shi Woo.

Sementara itu, Wang Chi Ah (Lee Hong Bin) baru saja datang dari Cina. Dia pulang ke Korea karena permintaan ayahnya, Wang Hao (Lee Bum Soo), seorang pemilik Sang Hae Group di Cina. Ayahnya memintanya untuk sekolah di Moorim School. Dia sempat bertemu dengan Shi Woo secara tidak sengaja karena kesalahan petugas hotel yang membuat mereka harus satu kamar. Tentu saja pertemuan mereka yang tidak diduga ini membuat mereka tidak akur, selalu saja ribut apalagi watak mereka yang sama-sama keras kepala. Karena lahir dari keluarga kaya raya, Chi Ang sangat manja dan selalu memamerkan kekayaan orang tuanya.

“Moorim School” Drama Review

“Moorim School” Drama Review

Sebuah skandal menimpa Shi Woo karena dia dianggap kabur ketika Da Rim (aktris pendatang baru) dihadang oleh preman. Ketika Shi Woo pergi, Shin Soon Deok (Seo Ye Ji) membantu Da Rim dengan melawan preman. Ketika Soon Deok diwawancara oleh wartawan, dia mengatakan kaau Shi Woo kabur dan meninggalkan Da Rim. Kabar ini menyebar kemana-mana dan merusak popularitas Shi Woo. Tanpa sepengetahuan Shi Woo, dia ternyata dijebak oleh bossnya sendiri di perusahaan dan bekerja sama dengan Da Rim. Sejak saat itu, Shi Woo berniat masuk ke Moorim School agar penyakitnya sembuh dan dia bisa segera menyelesaikan masalah dan memperbaiki nama baiknya karena skandal tersebut.

Disisi lain, Ching Ah yang selalu menolak keinginan ayahnya agar dia masuk ke Moorim School akhirnya bersedia untuk masuk setelah dia bertemu dengan Soon Deok dan mengetahui kalau gadis itu sekolah di Moorim School. Sejak Soon Deok datang menolong Ching Ah yang jatuh ke laut karena berusaha kabur dari pengawal pribadi ayahnya sejak saat itulah dia mulai menyukai Soon Deok dan ingin satu sekolah dengan gadis itu. Soon Deok adalah murid di Moorim School yang berasal dari keluarga sederhana. Dia sekolah disana tanpa sepengetahuan ayahnya. Dia anak yang baik dan sangat rajin bekerja untuk mengejar cita-citanya.

“Moorim School” Drama Review

“Moorim School” Drama Review

Sudah dapat diduga, Shi Woo dan Chi Ang akhirnya bertemu lagi ketika di perjalanan menuju Moorim School  bahkan mereka satu kamar selama di asrama. Chi Ang yang tidak biasa hidup sederhana seringkali mengeluh dan selalu saja memamerkan kekayaan orang tuanya pada teman-temannya khususnya Shi Woo. Seperti musuh bebuyutan, Shi Woo dan Chi Ang selalu saja berantem apalagi ketika mereka di dalam kamar.

“Moorim School” Drama Review

“Moorim School” Drama Review

“Moorim School” Drama Review

Shi Woo yang mengetahui Soon Deok satu sekolah dengannya berusaha memaksa dirinya untuk memberikan klarifikasi pada wartawan tentang perkataannya beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa Shi Woo kabur dan meninggalkan Da Rim ketika dihadang preman. Disisi lain, Chi Ang yang menyukai Soon Deok sejak pertemuan pertama selalu saja berusaha mendekati Soon Deok.

Karena Shi Woo dan Chi Ang adalah murid baru di Moorim School, banyak senior yang meremehkan kemampuan mereka karena mereka hanya seorang idol yang sombong dan anak manja yang suka memamerkan kekayaan orang tua. Tetapi, di akhir episode mereka bisa membuktikan pada orang-orang yang meremehkan mereka kalau mereka bisa bela diri.

Baca juga: 5 Fakta Menarik dari Si Imut Lee Hyun Woo

Kelebihan Drama “Moorim School”:

“Moorim School” Drama Review

1. Drama ini mampu menyegarkan matamu karena menghadirkan pemain-pemain muda yang tampan dan cantik seperti Lee Hyun Woo, Seo Ye Ji, Hongbin VIXX dan Jung Yoo Jin. Drama ini tidak hanya diperankan oleh bintang-bintang muda Korea selatan tetapi juga dibintangi oleh pemain-pemain internasional seperti Sam Okyere, Daniel Lindemann, Alexander (mantan member U-Kiss), dan Shannon. Meskipun pemeran-pemeran internasional ini hanya menjadi pemeran pembantu tetapi kehadiran mereka dalam drama ini mengambil peran yang sangat penting. Setiap karakter yang diperankan baik guru maupun siswa di sekolah Moorim berasal dari negara yang berbeda dan masing-masing memiliki cerita mereka sendiri.

2. “Moorim School” terasa seperti Hogwart dari film “Harry Potter” tetapi dalam versi Korea, perbedaannya jika Harry Potter adalah sekolah sihir sedangkan “Moorim School” adalah sekolah bela diri. Yang menarik adalah drama ini memadukan unsur sci-fi dengan seni bela diri yang tentu saja jarang kita temukan di drama-drama Korea lainnya. Melalui drama ini, kita bisa mengenal beragam jenis bela diri dan mempelajarinya. Selain itu, drama ini menghadirkan alur cerita yang penuh dengan misteri dan aksi. Mulai dari episode 1 hingga episode akhir dimana hanya akan mengungkap rahasia mengenai Chintamani dan penonton akan dibuat bingung dan sulit menebak siapa Juk Poong.

“Moorim School” Drama Review

3. Tidak melulu menyajikan cerita yang penuh misteri dan action saja, “Moorim School” ini juga menyuguhkan kisah romansa yang so sweet banget antara Shi Woo dan Soon Deok. Salah satu contoh adegan keduanya ketika Soon Deok mengatakan, “Sudahlah ayo kita masuk, dingin.” Dengan cepat Shi Woo menjawab, “Kalau kamu kedinginan kamu bisa tidur dipelukanku!” Kamu akan dibuat baper dengan kebersamaan mereka yang bisa membuat kamu greget.

4. Hubungan Bromance antara Lee Hyun Woo dan Hongbin VIIX pasti akan membuat penonton gregetan dan iri melihat mereka. Meskipun keduanya akan terlibat cinta segitiga dan memperebutkan hati wanita yang dicintainya yaitu Soon Deok tetapi pada akhirnya salah satu dari mereka akan mengalah demi persahabatan.

Kekurangan drama “Moorim School”:

1. Drama ini sempat dikabarkan akan berhenti diproduksi dengan beberapa alasan, salah satunya karena perolehan rating kecil dan adanya konflik yang berkaitan dengan dana proses produksi antara stasiun televisi KBS dan JSpictures. Tetapi pihak produksi tetap melanjutkan proses produksi meskipun dengan dana minimal. Bahkan, rencana awal jumlah keseluruhan akan diproduksi sebanyak 20 episode dipangkas menjadi 16 episode saja. Tetapi drama ini masih cukup recommended untuk ditonton apalagi untuk kamu pecinta drama misteri dan action.

2. Mungkin untuk beberapa episode drama ini agak terlalu monoton dengan menghadirkan kisah cinta segitiga antara Soon Deok, Shi Woo dan Chi Ang dan lebih mempermasalahkan usaha Chi Ang yang berusaha mendapatkan cinta Soon Deok. Banyak dari netizen lebih berharap bahwa drama ini lebih menonjolkan sisi bromance antara Lee Hyun Woo dan Hongbin daripada menonjolkan cinta segitiga yang ceritanya hanya mentok untuk mendapatkan hati Soon Deok.

3. Setting tempat drama ini cukup membosankan. Tetapi sesuai dengan judulnya, drama ini latar tempatnya selalu di sekolah Moorim hanya ketika murid-murid melakukan study tour mereka memiliki latar tempat diluar sekolah Moorim. Selain itu, alur cerita yang monoton dan membosankan di pertengahan hingga akhir episode sangat terasa apalagi dengan banyaknya ketidakjelasan adegan dan cerita yang berfokus pada mengungkap rahasia tentang siapa Juk Poong yang ternyata adalah seorang anggota organisasi Moorim itu sendiri. Dia sangat jahat dan berusaha mengambil kunci Chintamani untuk menjadi yang terkuat dan bisa mengalahkan kepala sekolah Moorim. Meskipun pada akhirnya, penonton akan tahu bahwa alasan dia melakukan itu hanya karena dia sakit dan berada di kursi roda, dengan mengambil Chintamani, dia akan mampu untuk bangkit dan menjadi yang terkuat.

Baca juga: “Reply 1988” Drama Review

Nah jika kamu pecinta drama Korea bertema fantasi remaja dan misteri, kami sangat merekomendasikan drama “Moorim School” untuk ditonton. Kami memberikan nilai 3.5 dari 5 bintang untuk drama ini. Alur cerita drama ini sangat unik dan sayang untuk dilewatkan terutama untuk kamu penggemar Lee Hyun Woo dan Hongbin VIXX. Cek video teasernya berikut ini:

“Moorim School” Drama Review

Teaser 1

Teaser 2

 

Icha

33,280 total views, 0 views today

Leave a Reply