"Reply 1988" Drama Review

Setelah sukses dengan drama Reply 1997 dan Reply 1994, stasiun televisi kabel Korea, TvN kembali menghadirkan Reply series yang ketiga bertajuk “Reply 1988.” “Reply 1988” tayang perdana di stasiun televisi TvN pada tanggal 6 November 2015 dan berakhir pada tanggal 16 Januari 2016 dengan jumlah 20 episode dan durasi yang cukup panjang per satu episodenya yang mencapai 90 hingga 100 menit atau satu setengah jam lebih.

"Reply 1988" Drama Review

"Reply 1988" Drama Review

Jika kamu belum menonton “Reply 1997” dan “Reply 1994” tidak masalah karena setiap judul memiliki cerita yang tidak berkaitan sama sekali. Tetapi menariknya dari ketiga series Reply ini adalah tokoh ‘ayah dan ibu’ selalu diperankan oleh pemeran yang sama yaitu Sung Dong II dan Lee II Hwa. Berbeda dari “Reply 1997” dan “Reply 1994” dimana ceritanya lebih menonjolkan kehidupan dan kisah cinta tokoh utama, sementara itu, “Reply 1988” mampu menguras emosi penonton. “Reply 1988” mengedepankan cerita tentang keluarga daripada percintaan. Selain itu, aspek lain yang lebih menonjol adalah persahabatan diantara 5 tokoh dalam drama ini yang sangat patut dicontoh tetapi tidak menghilangkan unsur romance di dalam cerita. Cerita yang sederhana dan ringan tetapi banyak aspek dalam drama ini mengajarkan kita pada kebaikan dan makna kehidupan sebenarnya.

Plot utama drama ini masih memiliki kemiripan dengan series Reply sebelumnya, yaitu menebak-nebak siapa yang akan menjadi suami dari pemeran utama wanita diantara keempat sahabat laki-lakinya. Drama ini bersetting pada tahun 1988, mengisahkan 5 keluarga yang memiliki karakter dan kisah masing-masing yang tinggal di gang yang sama. Tokoh Duk Sun (Hyeri Girls Day), Jung Hwan (Ryoo Joon Yeol), Sun Woo (Ko Gyung Pyo) dan Dong Ryong (Lee Dong Hwi) adalah pelajar tingkat akhir SMA dan Taek (Park Bo Gum) adalah seorang pemain baduk professional yang kelimanya bersahabat sejak kecil. Mereka tumbuh dewasa bersama sebagai tetangga. Mereka layaknya keluarga yang sangat dekat satu sama lain dan selalu berkumpul di kamar Taek serta menghabiskan waktu bersama-sama.

Kelebihan dari drama ini:

1. Tema yang Seimbang

"Reply 1988" Drama Review

Meskipun inti cerita adalah menebak siapa yang menjadi suami Duk Sun tetapi drama ini benar-benar mampu menyuguhkan tontonan dengan paket lengkap yaitu kekeluargaan, persahabatan, percintaan dan kehidupan bertetangga. Penulis menyadarkan kita tentang hangatnya hubungan antar tetangga dengan karakter dan latar belakang sosial yang berbeda yang sangat sulit kita temukan di zaman modern seperti sekarang ini. Dalam drama ini, kita bisa melihat bagaimana hubungan antar tetangga terjalin hangat dimana mereka saling menengok ketika ada salah satu keluarga yang sakit, saling berbagi makanan, saling membantu ketika ada tetangga yang mengalami kesulitan dan merasa bahagia melihat tetangga mendapatkan kabar bahagia.

2. Plot yang rapi dan tidak membosankan

"Reply 1988" Drama Review

“Reply 1988” adalah series Reply dengan episode terbanyak dengan durasi waktu tayang dalam 1 episode mencapai 1.5 jam bahkan hampir 2 jam pada episode terakhir. Tetapi, durasi 1.5 jam tersebut tidak akan membuatmu bosan karena kamu akan jatuh cinta dan merasa penasaran dengan alur cerita dari karakter tokoh di setiap episodenya. Meskipun alur ceritanya mundur tetapi masih menarik untuk diikuti karena drama ini mampu membuat perasaan kamu diaduk-aduk mulai dari tertawa terbahak-bahak, senyum baper, terharu dan menangis. Cerita keseluruhan akan mengambil setting waktu di tahun 1988, kita bisa menghitung dengan jari adegan Duk Sun dewasa bersama dengan suaminya pada tahun 2015, selebihnya cerita adalah flashback ke tahun 1988.

3. Akting Memukau dari Seluruh Pemeran

 "Reply 1988" Drama Review

Akting para pemeran utama memang memberikan andil yang cukup kuat untuk drama ini, penonton akan dibuat jatuh cinta tidak hanya dengan peran yang dimainkan oleh pemeran utama tetapi juga pemeran pendukung. Setiap tokoh memiliki ceritanya masing-masing. Mereka mampu memerankan porsi peran mereka dengan baik dan terasa hidup serta akting yang natural.

4. Nostalgia dengan Properti Jadul

Sepanjang 20 episode penonton akan dibuat bernostalgia ke kehidupan di tahun 1988. Untuk menampilkan kesan nyata suasana tahun 1988, tim produksi benar-benar berusaha keras untuk menyiapkan segala properti seperti barang-barang antik dan baju-baju yang tren pada saat itu agar terlihat lebih otentik bahkan kawasan tempat tinggal para pemain “Reply 1988” benar-benar menggambarkan suasana’perkampungan’ pada tahun tersebut. Kesan nyata yang paling melekat adalah bagaimana penulis menghadirkan suasana olimpiade tahun 1988 dimana Korea Selatan menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya dan menjadi topik yang paling banyak dicari. Penonton juga bisa merasakan kenangan masa muda saat itu apalagi penonton akan disuguhkan dengan backsound lagu barat yang dikenal pada tahun 80an seperti Falling in Love With You, Right Here Waiting, dan lagu-lagu lainnya.

Kekurangan drama ini:

1. Ending cerita

"Reply 1988" Drama Review

Terlepas dari kamu adalah #TeamJunghwan atau #TeamTaek, banyak penonton kecewa dengan akhir cerita dari drama ini. Disaat penulis membuat alur cerita menjadi lambat dengan cerita tentang persahabatan, keluarga dan kehidupan bertetangga tetapi akhir cerita kisah cinta Duk Sun terkesan dibuat terlalu cepat tanpa memberikan detil lebih jelas. Kebenaran tentang siapa suami Duk Sun membuat banyak penonton kecewa khususnya dari pendukung Junghwan, yang dianggap adalah kandidat terkuat yang akan menjadi suami Duk Sun karena Junghwan dianggap lebih memberi pengaruh yang kuat dalam cerita kehidupan Duk Sun daripada Taek.

Baca juga: Review Drama “High School Love On”

Drama “Reply 1988” sangat high recommended banget untuk ditonton. Drama ini mengajarkan penonton tentang makna keluarga, persahabatan, percintaan dan kehidupan sosial dengan tetangga. Overall, kami memberi nilai 4.5 dari 5 bintang untuk drama ini.

Berikut trailer drama “Reply 1988”:

Pics Credit to: dramabeans.com

Icha

5,242 total views, 2 views today

Leave a Reply