Resep Samgyetang

Meski terkenal dengan negara yang memiliki banyak gunung dan sejuk, tapi jika sudah tiba musim panas, matahari di Korea bisa sangat menyengat bahkan melebihi terik matahari di Indonesia. Selain menangkal cuaca yang panas dengan dessert dan es yang menyegarkan, Korea punya cara unik dan lain dari yang lain untuk menghadapi cuaca panas. Mereka memiliki pepatah “yi yeol chi yeol” yang artinya “melawan api dengan api”. Dan untuk makanan, mereka menganalogikan cuaca panas tangkal dengan makanan panas, yaitu Samgyetang atau Sup ayam ginseng.

Samgyetang adalah sup ayam ginseng Korea yang biasanya dikonsumsi terutama pada tiga hari terpanas saat musim panas yaitu chobok (13 Juli), jungbok (23 Juli), dan malbok (12 Agustus). Karena sup tradisional ini bergizi, samgyetang akan membuat tubuh selalu berkeringat sehingga tidak mudah lemas. Samgyetang juga dipercaya dapat mengobati dan mencegah penyakit karena memasaknya direbus dengan tanaman obat yang sudah terpercaya. Ingin mencoba memasaknya, chingu? Dilansir dari Maangchi, berikut ini adalah resep membuat Samgyetang yang bisa kalian coba.

Baca juga: Sup Tahu Lezat & Hangat Dari Korea: Sundubu Jjigae

Sup:
– 2 ekor ayam cornish (bisa pakai ayam ukuran sedang) utuh
– 1/2 cangkir beras gandum atau beras ketan, dibilas dan direndam dalam air dingin selama 2 jam
– 2 akar ginseng segar, cuci bersih
– 16 siung bawang putih bersihkan
– 2 jujube kering
– 2 -3 siung daun bawang , cincang
– Garam
– Lada hitam

Saus wijen:
– 1-2 sendok teh garam
– 1 sendok teh biji wijen
– Sedikit lada hitam
– 1 -2 sendok makan minyak wijen

Saus kecap manis asam:
– 3 sendok makan kecap manis
– 2 sendok makan kecap putih
– 1 sendok teh madu (bisa pakai gula)
– 1/2 bawang bombai ukuran sedang, potong
– 1 jalapeno (bisa ganti cabai hijau), cincang

Cara Membuat:

Resep Samgyetang

Saus Wijen:
Campurkan garam, biji wijen, lada hitam dan minyak wijen dalam mangkuk kecil dan aduk rata.

Saus Kecap manis asam:
Campurkan kecap, cuka, madu/gula di mangkuk lain. Aduk dengan sendok, tambahkan bawang dan jalapeno/cabai hijau. Sisihkan.

Resep Samgyetang

Ayam:
– Tiriskan beras setelah direndam.
– Belah dada ayam kemudian ambil jeroannya, gosok seluruh permukaan ayam dengan garam kemudian bilas dengan air.
– Letakkan ayam di atas telenan, keringkan, bersihkan lemak di rongga badan ayam dengan gunting dapur. Kamu juga bisa memotong ujung sayapnya jika ingin.
– Masukkan beras gandum/ketan ke dalam badan ayam yang sudah dibersihkan, 1 ginseng, 1 jujube, dan 8 siung bawang putih.
– Masukkan ayam ke dalam panci tebal. Tambahkan 8 cangkir air dingin, tutup dan masak dengan api sedang-besar selama 30 menit.

Sup :
– Biarkan ayam sedikit dingin, kemudian masak lagi selama 40 menit sampai ayam, ginseng dan beras menjadi lembut. Seringlah membuka dan mengaduknya dengan sendok kaldu mulai dari bagian bawah ke bagian atas ayam. Jika kaldu menguap terlalu banyak, tambahkan air secukupnya.
– Masukkan satu ayam ke dalam satu mangkuk, taburi dengan daun bawang cincang dan sajikan dengan 2 jenis saus yang sudah dibuat.

Nah tidak terlalu sulit kan membuatnya, daripada membeli dari restoran yang dijamin harganya cukup mahal, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selamat memasak, chingu!

Fitri

18,624 total views, 12 views today

Leave a Reply