Ingin kembali mengenang masa-masa sekolah? Kamu dapat menonton drama-drama Korea dengan tema sekolah. Drama korea bertema “high school” seringkali menghadirkan kisah cinta dan persahabatan di masa sekolah, tentu saja sangat menarik untuk ditonton. Jika kamu penggemar berat drama bertema sekolah, salah satu drama yang menarik untuk diikuti adalah Sassy Go Go.” Kisah akhir drama ini diharapkan dapat memuaskan harapan pemirsa karena drama ini penuh dengan apa yang diharapkan dari sebuah drama bertema sekolah dimana ada semangat jiwa muda, cinta, perjuangan dan impian.

Tidak hanya bercerita tentang cinta dan konflik, drama korea ini tentu saja memiliki pesan moral dan motivasi untuk yang menontonnya. Kita juga dapat menikmati alur cerita dengan menyimpulkan karakter dari drama bertema sekolah kedalam beberapa kategori. Berikut ini 6 stereotip yang biasa terjadi dalam K-Drama bertema sekolah:

1. Karakter Alpha

boys over flowers
Alpha adalah murid dengan peringkat tertinggi, golongan elit dan kaya. Pada kategori ini contoh gambaran tentang Alpha dapat disimpulkan berdasarkan karakter dari drama seperti: Karakter Lee Won Geun, Ji Soo dan Chae Soo Bin dalam drama “Sassy, Go Go.” Beberapa contoh lain dapat dilihat pada karakter Park Se Young dalam drama School 2013,” Karakter Baro dalam Angry Mom,” dan F4 (Lee Min Ho, Kim Hyun Joong, Kim Bum, Kim Joon) dalam drama Boys Over Flowers.” Karakter pada kategori ini umumnya dingin, kasar, suka menindas, dan mengambil tindakan yang tidak bermoral dan tidak adil untuk mengatur kedudukan mereka didalam sekolah. Mereka adalah raja dan ratu sekolah, semua orang memperhatikan mereka, dan penampilan mereka secara fisik sangat menarik.

2. Alpha dengan Masalah Keluarga

drama korea sekolah
Beberapa dari karakter dalam drama pada kategori ini memiliki masalah di rumah dengan keluarga mereka. Kebanyakan, tekanan berlanjut dimana mereka harus melakukan segalanya dengan baik di sekolah dan mengalahkan peringkat dan prestasi teman-temannya di sekolah, sebagai contoh karakter yang diperankan oleh Chae Soo Bin dalam “Sassy Go Go”. Selain itu, ada karakter lain yaitu karakter yang diperankan oleh Ji Soo, dimana ketika dia tidak melakukan dengan baik dalam segala hal berarti dia akan dihukum secara fisik oleh ayahnya. Selain itu, kita dapat melihat kategori ini pada karakter F4 dalam “Boys Before Flowers”, dimana mereka mendapatkan tekanan dari latar belakang keluarga mereka yang elit dan terus-menerus memperhatikan mereka. Mereka harus memperkuat kedudukan mereka sendiri dalam situasi sosial.

3. Underdog

underdogs korean drama
Jika kamu diperkenalkan pada karakter ini, tentu kamu tahu karakter utama akan seperti apa! Umumnya, mereka memiliki kedudukan yang lemah di sekolah, tidak memiliki tempat dalam lingkungan murid-murid di sekolah dan datang dengan sebuah kekuatan dan kelemahan. Jika mereka tidak pintar, namun biasanya mereka memiliki sifat ramah dan mudah bergaul serta didukung oleh teman yang setia. Pada kategori ini, kita dapat melihat pada karakter Jung Eun Ji dalam “Sassy Go Go” dan Lee Jong Suk dalam “School 2013.” Mereka tidak kaya namun mereka akan menjadi pintar dan bersemangat dalam mengejar tujuan hidup mereka, tidak ada satupun yang dapat menghalangi jalan mereka. Contoh lain untuk kategori ini adalah karakter yang dimainkan oleh Kim Yoo Jung dalam “Angry Mom,” Go Hye Sun dalam “Boys Over Flowers,” dan Park Shin Hye dalam Heirs.” Umumnya, mereka memiliki sifat yang positif dan mengajarkan penonton tentang kesetiaan, persahabatan sejati dan kebaikan yang tulus.

Selain kategori diatas, ada juga kategori dimana orang dewasa turut andil dalam drama. Mereka biasanya muncul dalam tiga kategori berikut ini!

1. Cara Melibatkan Orang Tua

angry mom
Pada kategori ini, orang tua sebenarnya dapat memberikan dampak yang baik maupun buruk. Contoh terbaik keterlibatan orang tua dalam menunjukkan kasih sayang terbaik dapat kita lihat pada karakter yang diperankan oleh Kim Hee Sun dalam drama “Angry Mom.” Dia berpura-pura menjadi anak sekolahan untuk melindungi anak perempuannya. Secara realistis, adakalanya kita melihat orang tua dari kategori murid underdog datang ke sekolah dan melawan habis-habisan dengan guru-guru demi anak mereka. Disisi lain, contoh yang tidak baik keterlibatan orang tua dalam drama dapat kita lihat pada karakter ibu dari Go So Hee dalam drama “Sassy Go Go” dan ayah dari Park Young Kyu dalam drama “Angry Mom” yang secara aktif menyogok, memeras, dan mengancam guru-guru dan kepala sekolah untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan apapun yang mereka inginkan melalui anak-anak mereka.

Baca: Gaya “Back to School” Bintang Korea Yang Bisa Dicoba!

2. Guru Korupsi

6 Elemen Klise di Drama Korea Bertema Sekolahan
Pada kategori ini, mereka melibatkan orang tua murid untuk bekerja sama. Mereka menerima suap sebagai balasan dengan mengancam akan mengeluarkan atau memecat siapapun yang menghalangi jalan mereka. Ini adalah tipe guru yang memberikan reputasi yang buruk untuk guru dimanapun namun biasanya mereka berakhir dengan dipenjara atau dipecat. Beberapa contoh untuk kategori ini dapat kita lihat pada karakter Kim Tae Hoon dalam “Angry Mom” dan Park Hae Mi dalam “Sassy Go Go.”

3. Guru Sejati

6 Elemen Klise di Drama Korea Bertema Sekolahan
Untuk kategori ini, guru diibaratkan seperti lampu penerang dalam kegelapan yang biasanya terjadi dalam alur cerita K-Drama bertema “high school.” Disaat semua orang dewasa memilih lebih baik korupsi atau pasrah, justru guru sejati menggunakan kekuatan mereka yang terbatas untuk berusaha dan mengubah kehidupan murid-murid mereka. Mereka selalu berada pada sisi murid-murid mereka dengan memberikan dukungan untuk mereka. Terkadang guru sejati tidak dapat melakukan banyak hal namun pada kesempatan lain mereka dapat menjadi pahlawan murid-murid mereka. Mereka memiliki hati yang baik dan tulus karena mereka ingin memberikan pengaruh positif untuk generasi mendatang. Sebagai contoh karakter Jang Nara dalam “School 2013,” Ji Hyun Woo dalam “Angry Mom,” dan Kim Ji Suk dan Lee Mi Do dalam “Sassy Go Go.”

Baca: 10 Selebriti Korea yang Jenius dan Seksi!

Itulah beberapa stereotipe karakter utama dalam drama bertema “high school”, dimana penulis berusaha menampilkan hal yang baru dan fresh. Alur cerita baru, tema baru dan karakter baru masih menjadikan K-drama bertema sekolah di masa mendatang cukup menarik untuk ditonton. Dan tentu saja, diharapkan tidak selalu ada stereotipe sebagai alasan. Penonton dapat menghargai karya yang bagus dari K-drama bertema sekolah dan semua hal yang berkaitan dengan air mata, tawa dan karakter yang saling berhubungan. Drama sekolahan mana yang menjadi favorit kalian? Tell us on the comment section! 

6 Elemen Klise di Drama Korea Bertema Sekolahan

6 Elemen Klise di Drama Korea Bertema Sekolahan

6 Elemen Klise di Drama Korea Bertema Sekolahan

Icha

7,676 total views, 7 views today

Leave a Reply