Hengkangnya Kris dan Luhan dari EXO dan perkara hukum yang harus dijalani dengan agensi mereka, SM Entertainment yang belum berakhir damai sejak tahun 2014 lalu memberi mimpi buruk bagi penggemar EXO yang biasa disapa dengan EXO-L. Belakangan diketahui bahwa pihak SM Entertainment memberikan penolakan untuk mediasi. Kini, member EXO lainnya yang berasal dari China yaitu Tao atau sekarang dikenal dengan nama Huang Zitao menjadi perbincangan hangat karena keluarnya Tao dari EXO yang sangat kontroversial.

Disaat status Tao yang masih tidak jelas karena masih terikat kontrak dengan SM Entertainment dan kasusnya masih disidangkan, Tao muncul kembali ke publik dengan debutnya sebagai penyanyi solo di Tiongkok. Dalam sebuah acara TV di China, Tao memberikan pengakuan yang membuat fans terkejut. MC acara TV di China menanyakan tentang masa sulit Tao selama tinggal di Korea Selatan dan kerinduannya pada keluarga. Tao mengeluarkan pernyataan yang membuat dia meneteskan air mata.

“Saya merasa seorang diri selama empat tahun ini. Saya harus bertahan dan menghadapi kesulitan seorang diri. Tidak ada yang membantu saya,” ujar Tao dilansir dari Soompi.

Sebelumnya, Tao absen dari comeback EXO ‘Love Me Right’ karena cedera yang dialami dan harus menjalani pengobatan di Tiongkok. Namun, Tao justru mempersiapkan dirinya menjadi penyanyi solo. Pernyataan bahwa Tao merasa sendirian dan kesulitan selama 4 tahun berkarir di Korea Selatan meskipun ia memiliki popularitas dan 11 rekan grupnya di EXO secara tidak langsung membuat para netizen kaget dan berpikir negatif. Para netizen menganggap bahwa Tao pengkhianat dan menyudutkan grup dan agensi yang telah membesarkan namanya itu.

Pada tanggal 23 Juli 2015, Tao merilis single debut solonya yang berisi 3 lagu yaitu ‘Yesterday’, ‘One Heart’ dan ‘T.A.O’. Namun, agensi SM Entertainment dengan sengaja mengambil langkah tegas dengan memblokir seluruh lagu maupun video musik debut solo Tao yang diupload ke Youtube. Tindakan tegas ini dilakukan SM Entertainment karena terkait dengan masalah hak cipta oleh SM Entertainment.

Bagaimana pendapat kalian dengan pernyataan Tao dan sikap SM Entertainment terhadap pemblokiran lagu solo Tao?

4,390 total views, 2 views today

Leave a Reply