Noh Min Woo, aktor yang juga merupakan mantan drummer group TRAX baru-baru ini menggugat mantan agensinya SM Entertaiment. Min Woo mengklaim bahwa dirinya adalah korban pertama dari ‘perbudakan kontrak’ yang dilakukan SM.

Berdasarkan laporan, gugatan tersebut telah diajukan pada akhir April lalu dimana Min Woo meminta kompensasi sebesar 100 juta KRW atau sekitar 90 ribu USD atas kerugian yang dia alami selama ini akibat dari tindakan kurang menyenangkan yang dilakukan mantan agensi tersebut. Dia juga melaporkan SM ke Fair Trade Commission. Ini menjadi kasus yang menarik karena biasanya para artis melaporkan agensinya ketika mereka masih terikat kontrak, akan tetapi pada kasus ini justru Min Woo melaporkan agensinya setelah kontraknya berakhir.

Min Woo merasa SM selalu berusaha menghalangi dirinya untuk tampil di TV setelah dia keluar dari SM sehingga dia memutuskan untuk menggugat SM. Perwakilan Min Woo menyatakan, “Sebelum Min Woo debut, SM memberikan kontrak ke Min Woo selama 17 tahun. Berdasarkan Fair Trade Commission, kontrak yang lebih dari 7 tahun dapat dibatalkan oleh artis tersebut kapan saja.”

Read also: EXO Ex-Members Luhan dan Kris vs SM Entertainment

Dia kemudian melanjutkan, “Min Woo merasa kontrak selama 17 tahun itu adalah sebuah masalah dan ketika dia menunjukkan tanda-tanda perlawanan terhadap kontrak itu, SM menghentikan seluruh dukungan yang seharusnya manajemen lakukan untuk aktivitas Min Woo. Dan ketika dia berhasil keluar dari SM, agensi tersebut membuat dia kesulitan untuk bisa melanjutkan karirnya sebagai artis. Beberapa tawaran casting datang dan bahkan telah dikonfirmasi, tapi tiba-tiba saja tawaran itu dibatalkan tanpa alasan yang jelas. Min Woo adalah korban pertama dari metode balas dendam yang dilakukan SM.” Seperti yang diketahui, mantan grup TVXQ, Yoochun, Jaejoong, dan Junsu yang sekarang tergabung ke dalam grup JYJ juga mengalami hal yang sama dengan Min Woo. Setiap mereka merilis album, JYJ tidak pernah bisa muncul di stasiun TV manapun di Korea baik di acara musik maupun program TV untuk melakukan promosi.

Sementara itu, pihak SM merespon gugatan tersebut dengan menyatakan bahwa pernyataan Min Woo tidak ada dasar yang jelas dan SM juga akan mengambil tindakan hukum atas gugatan dan pelaporan ke Fair Trade Commission.

3,211 total views, 4 views today

Leave a Reply