The Gifted Hands atau Psychometry adalah film Korea yang bergenre supernaturalthriller yang rilis pada tahun 2013 lalu. Film ini dibintangi oleh Kim Kang Woo (The Taste of Money), Kim Bum (That Winter, The Wind Blows), Lee Joon Hyuk (Misaeng), dan Esom (The Last Blossom).

Film ini bercerita tentang seorang detektif bernama Yang Choon Dong (Kim Kang Woo) yang jarang mendapatkan suatu kasus dan sering membuat kekacauan. Suatu hari, seorang wanita melaporkan bahwa anak perempuannya telah menghilang. Detektif yang lain tidak menanggapi laporan itu karena menganggap bahwa anak ibu itu akan segera pulang. Tapi Choon Dong percaya jika itu merupakan kasus penculikan. Atasannya mengizinkan dia menangani kasus itu sendirian.

Suatu malam di sebuah jalan dia bertemu dengan seorang pemuda (dimainkan oleh Kim Bum) yang sedang menggambar grafiti sebuah gedung di dinding dengan pilox. Choon Dong menegurnya tapi anak itu langsung kabur dengan menyemprotkan piloxnya ke wajah Choon Dong. Beberapa hari kemudian, ada berita di TV tentang ditemukannya sebuah mayat perempuan di taman bermain anak-anak dekat sebuah gedung yang bertuliskan “Haengbok”. TKP itu membuatnya teringat dengan grafiti yang dibuat cowok misterius waktu itu. Setelah melihat kembali grafiti itu, ternyata grafiti tersebut sama persis dengan TKP.

The Gifted Hands Movie

The Gifted Hands Movie

Choon Dong mulai menyelidiki cowok yang bernama Kim Joon itu dan menduga Joon yang telah membunuh anak perempuan itu. Setelah berhasil menemuinya, Choon Dong merasa ada yang aneh ketika dia bersalaman dengan Joon karena Joon tahu masa lalunya yang tidak pernah dia ceritakan pada siapapun. Setelah diselidiki, ternyata Joon memeliki kemampuan psychometry, yaitu kemampuan melihat masa lalu seseorang hanya dengan menyentuhnya. Choon Dong meminta bantuan Joon menggunakan kemampuannya untuk mengungkap kasus pembunuhan itu. Berhasilkah mereka mengungkap kasus tersebut? Atau malah Joon yang ditangkap karena detektif yang lain curiga dan tidak percaya dengan kemampuan Joon? Saksikan kisahnya di film yang berdurasi 108 menit ini.

Kelebihan:

1. Menggabungkan cerita supernatural dengan sebuah cerita misteri membuat film ini memiliki cerita yang unik. Ditambah lagi ide cerita dengan kemampuan supernaturalPsychometry’ sepertinya belum pernah ada di film- film Korea. Konon, kemampuan ini memang ada dimana seseorang bisa melihat masa lalu dan masa depan hanya dengan menyentuhnya.

2. Kim Bum sukses memerankan peran Joon yang penyendiri. Ekspersinya yang ketakutan dan kejang-kejang sampai berdarah ketika sedang menggunakan kemampuannya terlihat sangat natural dan menyakitkan.

3. Tiap karakter pemain berkembang dengan sangat cepat. Karakter Choon Dong dan Joon yang masing-masing punya masa lalu juga diceritakan dengan jelas sehingga membuat cerita di film ini menjadi utuh dan tidak terpotong sehingga penonton bisa memahami jalan ceritanya.

4. Beberapa adegan komedi membuat film ini tidak terlihat monoton dengan adegan thriller atau misteri saja.

Kekurangan film ini:

1. Sosok penjahat yang psycho kurang dimaksimalkan. Film Korea dikenal dengan adegan yang sadis terutama untuk film dengan tema psycho, sayatan dan potongan-potongan tubuh biasanya digambarkan dengan jelas dan detail untuk mendukung tema film. Tapi di film ini tidak ditemukan adegan seperti itu.

2. Jalan cerita yang terasa flat. Film ini seperti berjalan begitu saja tanpa ada sesuatu yang spesial serta kurang membuat penonton menjadi terharu maupun tegang ketika menontonnya.

“Jangan pernah menyalahi diri sendiri atas suatu kejadian di masa lalu, tapi justru jadikan kejadian itu sebuah pengalaman yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi,” itulah pesan yang disampaikan di film ini. Kami memberikan 3.5 dari 5 bintang untuk film ini. Buat yang belum nonton, bisa lihat trailernya di bawah ini:

8,381 total views, 9 views today

Leave a Reply