Apa jadinya ketika seorang nenek tiba-tiba terbangun dan berubah menjadi seorang perempuan 20 tahunan? Kacau dan kocak! Itulah yang menjadi tema film Miss Granny yang ditayangkan pada tahun 2013 kemarin dan sempat masuk jajaran film Box Office di Korea.

Kejadian absurd tersebut terjadi pada Oh Malsoon (diperankan oleh Na Moonhee). Sebagai seorang single parent yang berhasil membesarkan putra semata wayangnya hingga menjadi seorang dosen di universitas terkemuka pasti menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Belum lagi di usianya yang telah senja ini dia masih diberi tubuh yang sehat sehingga masih bisa mengelola sendiri kafe pemberian putranya, makin banggalah ia. Dibantu dengan teman sejak kecilnya, Mr Park (diperankan oleh Park Inhwan), seorang duda tua yang memiliki putri yang belum juga menikah di usianya yang sudah dewasa, dia mengelola kafe tersebut meski Mr Park sering kali digoda oleh seorang nenek saingan Oh Malsoon.

Miss.Granny.2014.BluRay.RyeMovies.mp4_007165950

Miss.Granny.2014.BluRay.RyeMovies.mp4_001467757

Meski dia sangat bangga dengan yang telah dicapainya, namun nenek Malsoon bukanlah mertua yang baik. Ketika menantunya jatuh sakit karena stress dengan perlakuan nenek Malsoon, muncullah wacana untuk memasukkan nenek Malsoon ke panti jompo. Ban Hyunchul (diperankan oleh Sung Dongil), putranya, tak bisa memberi jawaban ketika dua anaknya Ban Jiha (diperankan oleh Jinyoung B1A4) dan Ban Hana (diperankan oleh Kim Seulgie). Sayangnya pembicaraan mereka bertiga didengar oleh nenek Malsoon.

Suatu hari nenek Malsoon mengunjungi sebuah studio foto. Ia ingin difoto untuk foto altarnya nanti. Namun siapa sangka, setelah dia keluar dari studio foto tersebut, dia malah berubah menjadi lima puluh tahun lebih muda. Seorang pemuda di bis yang menggodanya sempat menjadi korban omelan sang nenek yang masih tak sadar bahwa fisiknya telah berubah.

Miss.Granny.2014.BluRay.RyeMovies.mp4_001953493

Miss.Granny.2014.BluRay.RyeMovies.mp4_002008881

Sang nenek menganggap hal ini adalah kado dari Sang Kuasa untuk kembali menikmati masa mudanya yang dulu lebih banyak ia habiskan untuk membesarkan putranya setelah ditinggal mati di medan perang oleh suaminya. Dia pun mengubah namanya menjadi Oh Doori (diperankan oleh Shim Eunkyung). Dia yang sejak muda mengidolakan Audrey Hepburn mengubah gaya rambutnya seperti idolanya itu. Dengan uang tabungannya, ia membelanjakan baju-baju baru meski dengan mode ala 60an dan membeli sepatu. Tak hanya itu, ia juga bergabung dengan band metal milik cucunya, Ban Jiha. Bakal ketahuankah identitas asli sang nenek? Atau dia akan tetap menjadi Oh Doori?

Kelebihan dari film ini antara lain:

1. Superb acting by Shim Eunkyung!

Rasanya tak perlu diragukan lagi akting bintang yang satu ini. Sama sekali tidak terlihat aneh meski dia harus memerankan spirit seorang nenek berusia 70 tahun. Dengan wajahnya yang cute dan ekspresinya yang ‘hidup’, karakter berisik nenek Oh Malsoon bisa dia bawa ke dalam jiwa Oh Doori dengan sangat keren. Salut!

2. Perumpamaan yang lucu

Di awal film, kita akan disuguhi sebuah perumpamaan seorang perempuan dengan sebuah bola. Kalau dipikir-pikir perumpamaan yang diberikan memang masuk akal dan lucu. Kemudian disambung dengan materi mata kuliah oleh Sung Dongil, seorang mahasiswi mengutarakan bahwa dia tak ingin tua dan sudah merencanakan untuk bunuh diri di usia 30 tahun.

Miss.Granny.2014.BluRay.RyeMovies.mp4_003784822

3. Ide cerita yang fresh dan lagu yang easy-listening

Seorang nenek kembali ke usia di masa mudanya? Bukankah itu plot yang cukup menarik untuk diangkat? Ditambah lagi lagu-lagunya yang enak didengar meski bukan tergolong lagu bergenre pop baru. Beberapa scene mengingatkan kita pada band Indonesia yang terkenal di Korea Selatan sana, Mocca. Bangga!

Miss.Granny.2014.BluRay.RyeMovies.mp4_006087790

4. Ending

Ending yang dipilih terlihat masuk akal. Keluarga nenek Malsoon kembali akur. Sang nenek bahkan sudah bisa bercanda dengan menantunya.

Kekurangan dari film ini menurut kami memang tidak banyak. Rasanya akan lebih terlihat perbedaan usia nenek dengan anak-anak muda di sekitarnya kalau saja Oh Doori kadang-kadang tidak paham pembicaraan cucu dan teman-temannya yang sering menggunakan bahasa gaul, atau tidak nyambung ketika diajak ngobrol tentang isu yang sedang menjadi obrolan anak muda saat ini. Oh Doori juga rasanya tidak terlihat bingung dengan teknologi atau merasa takjub dengan hal-hal yang terjadi di backstage acara musik.

Pokoknya jangan lewatkan film super kocak yang satu ini ya! Ssst, ada kejutan manis untuk kalian di akhir film, loh.

Trailer:

4,287 total views, 0 views today

Leave a Reply