Ketika drama ini baru dirilis, muncul dua pendapat yang bertolak belakang. Satu pihak skeptis karena pemeran utamanya bukan aktor dan aktris yang mumpuni, sementara pihak lainnya optimis karena plot ceritanya yang nostalgicReply 1997 sempat menjadi drama terpanas di tahun 2012 lalu dan berhasil melambungkan nama Jung Eunji (juga populer dari drama That Winter The Wind Blows) dan Seo Inguk (juga populer dari drama Master’s Sun) sebagai aktor dan aktris pendatang baru yang aktingnya cukup menjanjikan.

Berkisah tentang Sung Shiwon (Jung Eunji) seorang fangirl HOT, sebuah boyband yang sangat terkenal pada masanya,. Shiwon bukan hanya sekedar fangirl, bisa dibilang dia adalah fans super berat dari grup tersebut. Dia bahkan mengklaim dirinya sendiri sebagai fans terberat Tony Ahn, salah satu member grup HOT. Shiwon memiliki beberapa teman yang nantinya menjadi teman satu gank-nya.

reply 1997 drama

Mereka adalah Yoon Yoonjae (diperankan oleh Seo Inguk), Kang Joonhee (diperankan oleh Hoya Infinite), Mo Yoojung (diperankan oleh Shin Soyul), Do Hakchan (diperankan oleh Eun Jiwon), dan Bang Sungjae (diperankan oleh Lee Sieon). Yoon Yoonjae sendiri adalah ‘pengecualian’ karena dia tinggal bersama Shiwon dan kedua orangtuanya yang diperankan oleh Sung Dongil dan Lee Ilhwa sejak orangtua Yoonjae meninggal.

Setting drama ini berjalan dengan alur maju-mundur, tapi hampir mudah dibedakan karena Shiwon dewasa selalu memakai baju bebas, sementara Shiwon remaja hampir selalu menggunakan seragam. Plot yang ditawarkan juga unik, dan tidak melulu berpusat pada kisah cinta Yoonjae-Shiwon-kakak Yoonjae. Di beberapa bagian akan diceritakan kisah cinta Hakchan dan Yoojung, lalu kenyataan mengejutkan tentang Joonhee.

Kelebihan dari drama ini menurut pendapat kami:

1. Sederhana dan Fresh!

Pasti sudah lelah banget ya, nonton drama yang ceritanya melulu tentang orang-orang kaya. Di drama ini, kehidupan masing-masing pemerannya sangat relatable. Artinya karakter semacam mereka mudah kita temui di kehidupan nyata. Belum lagi setting pemainnya yang mengambil masa-masa SMA, mau tidak mau kita jadi ikut bernostalgia dengan masa-masa SMA kita. Masa ketika ujian, menyontek, mengidolakan selebritis, adu mulut dengan ‘musuh’, dan sebagainya.

2. Love-Hate Relationship Ayah dan Anak

Untuk sebagian orang mungkin adegan ketika Sung Dongil berteriak-teriak pada Eunji atau ketika Eunji bertingkah kurang ajar pada Sung Dongil dirasa tidak wajar dan tidak nyaman disimak. Tapi sebenarnya itu adalah cara mereka menunjukkan rasa sayang mereka untuk satu sama lain. Lagipula meski mereka acapkali berteriak-teriak, mereka masih saling pengertian.’

3. Nostalgia

Pernah dengar generasi 90an? Nah, dengan menonton drama ini, cukup membuat kita teringat dengan masa-masa ketika kita yang lahir di generasi 90an masih kecil. Kita jadi ingat jajanan apa yang biasa kita makan, jadi ingat betapa dulu kita memuja NKOTB atau Westlife, jadi ingat mainan-mainan yang kita mainkan, dan seterusnya. Meski tidak semuanya sama dengan yang terjadi di Korea sana, tapi kegilaan mereka di tahun 1997 cukup membuat kita bernostalgia pada masa itu.

reply 1997 drama

4. Sekali Menonton, Susah Berhenti!

Sepanjang drama kita harus dibuat penasaran dengan kisah Eunji dan Inguk. Kita penasaran apakah Eunji akhirnya bersatu dengan Inguk ataukah Inguk mengalah dan ‘menyerahkan’ Eunji pada kakaknya? Plot yang dibuat menarik dan mengundang rasa penasaran membuat kita sulit menghentikan sesi menonton drama ini.

Sementara kekurangannya antara lain:

1. Awkward… at first only

Namanya juga aktor dan aktris baru, beberapa pemain di dalamnya terasa agak canggung dan kaku di beberapa episode pertama. Tapi akting mereka terbantu berkat Sung Dongil dan Lee Ilhwa yang bermain apik sebagai orang tua Eunji, belum lagi cerita dan plotnya yang seru, rasanya penonton tak terlalu memperhatikan akting kaku mereka di awal. Tapi jangan khawatir, semakin ke belakang, akting mereka semakin oke. Bahkan rasanya karakteristik mereka benar-benar terlihat asli seperti kepribadian mereka di dunia nyata.

reply 1997 drama

2. HOT? Sech Kies? Huh?

Untuk penggemar Korean Wave yang baru pasti akan sulit memahami kegilaan di tahun 1997 ketika HOT dan Sech Kies menjadi pusat perhatian seluruh rakyat Korea Selatan. Belum lagi beberapa istilah dan kejadian yang hanya terjadi di Korea Selatan, tentu bagi mereka yang tidak memahami budaya dan kebiasaan masyarakat Korea akan jadi hal yang aneh untuk ditonton.

Sudah tertarik untuk menonton? Untuk semua yang pernah merasakan atau masih menjadi seorang fangirl, drama ini layak ditonton. Kadang kita akan merasa lucu ketika seorang fangirl diceritakan menggunakan mata dan pengamatan orang lain. Sampai-sampai kita berpikir ‘eh masa sih, aku sampai begitu?’ Jangan lewatkan drama yang satu ini, ya! Trailer drama bisa dilihat di sini:

7,371 total views, 10 views today

Leave a Reply