Setelah sukses dengan Reply 1997 dan atas permintaan pecinta drama Korea untuk menayangkan seri Reply yang lain, terciptalah Reply 1994. Meski Reply 1994 adalah seri ke dua dari Reply series ini, tapi cerita yang ditawarkan pun tak kalah heboh dan menarik. Kedua seri Reply ini memiliki plot yang hampir serupa, hanya ide cerita dan pengembangan karakter yang berbeda. Jika di Reply 1997 bercerita tentang kisah anak-anak SMA, di Reply 1994 kita bertemu dengan mahasiswa dan mahasiswi yang tinggal seatap di rumah kos Sinchon.

Adalah Sung Dongil dan Lee Ilhwa, pemilik dari rumah kos Sinchon. Mereka memiliki seorang putri bernama Sung Najung (diperankan oleh Go Ara). Mereka yang berasal dari Masan memutuskan untuk menyewakan kamar-kamar di rumah baru mereka di Seoul untuk beberapa mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari daerah non-Seoul seperti mereka.

reply 1994 drama

reply 1994 drama

Beberapa orang yang ngekos di rumah tersebut adalah Trash/Sseureki (diperankan oleh Jungwoo) yang jenius tapi jorok, Chilbong (diperankan oleh Yoo Yeonseok) yang seorang pemain baseball berbakat, Samcheonpo (diperankan oleh Kim Sungkyun) yang diceritakan paling muda tapi wajahnya terlihat paling tua, Haitai (diperankan oleh Son Hojun) yang menjadi teman sekelas Najung dan Samcheonpo, Binggurae (diperankan oleh Baro B1A4) sepupu dari Chilbong dan juga adik kelas Sseureki, dan Joo Yoonjin (diperankan oleh Min Doohee) yang dikisahkan sebagai fans berat Seo Taiji.

Harus diakui, di drama kali ini, selera humor produser, sutradara, dan penulis naskahnya lebih lucu dibanding Reply 1997. Terbukti dari percakapan masing-masing karakternya yang komikal, adegan-adegannya yang kocak, sampai backsound yang mengiringi beberapa adegannya. Jika biasanya adegan yang membuat kita kehabisan kata-kata digambarkan dengan suara jangkrik, di drama ini mereka malah menggunakan suara kambing.

Kelebihan dari drama ini di mata kami:

1. Relatable Situation

Hampir sama dengan Reply 1997, di drama ini kita bisa menemukan beberapa hal yang dengan mudah bisa kita temui di kehidupan nyata. Misalnya ketika melihat teman kampus kita yang pelit memberikan pinjaman buku, mendukung tim olahraga kampus kita atau tim jagoan kita, teman-teman kita dari yang baik sampai yang paling aneh, kisah persahabatan, kisah cinta, dan lain-lain.

2. Wong Ndeso

Seringkali kita yang tinggal di kota besar menemui teman-teman kita yang medhok dengan logat Jawanya atau logat Maduranya, dan kadang lucu saat mendengar kekaguman mereka terhadap kota besar. Sama halnya dengan penghuni rumah kos Sinchon yang sering menjadi bahan ejekan teman-teman mereka yang berasal dari Seoul. Samcheonpo bahkan tersesat seharian dari desanya menuju rumah kos di Seoul. Najung, Haitai, dan Samcheonpo harus terkagum-kagum pada Chilbong yang orang Seoul, yang mampu bertahan hidup padahal orangtuanya telah bercerai, sesuatu yang jarang mereka temukan di daerah mereka sana. Meski demikian, drama ini tak menggambarkan kepolosan mereka sebagai sesuatu yang buruk. Justru menjadikan karakter mereka lebih kuat dan berwarna.

reply 1994 drama

3. Persahabatan Luar Biasa

Pernah dengar kabar buruk terjadi pada sahabatmu? Di drama ini masing-masing karakternya berhasil mengeksekusi eratnya persahabatan mereka dengan sangat baik. Semua orang langsung panik dan sibuk mengirim pesan lewat pager saat lokasi yang didatangi Chilbong dikabarkan runtuh. Atau ketika Samcheonpo menemani ibu Yoonjin yang tuna rungu. Atau ketika Haitai harus menjalankan wajib militer, mereka tak pernah putus korespondensi.

4. Sung Dongil dan Lee Ilhwa

Rasanya memang tak lengkap jika seri Reply hadir tanpa kehadiran mereka. Mereka adalah aktor dan aktris yang kompak serta memiliki chemistry yang unik dan menghibur sebagai pasangan suami-istri. Tidak heran jika mereka akan kembali bermain di Reply 1988 dan kembali hadir sepaket. Salut!

Kekurangan drama ini antara lain:

1. Tebak-Tebak Berhadiah

Jika tebakan benar, bahagialah kita. Jika tebakan kita salah, kecewalah kita. Di drama ini kita lagi-lagi harus dipaksa pusing memikirkan siapa suami Najung yang sebenarnya. Pada masa kejayaannya ketika drama ini ditayangkan, penggemar terbagi menjadi dua kubu yaitu #timTrash dan #timChilbong. Seru sih, tapi haruskah kita menunggu sepanjang 21 episode hanya untuk tau nama asli Trash dan Chilbong yang menjadi suami dari Najung?

reply 1994 drama

2. Awkward Sighting

Melihat Dohee dan Sungkyun bersebelahan.. sangat aneh! Jarak usia mereka yang terpaut sangat jauh, membuat mereka terlihat seperti ayah dan anak. Tapi hal ini bisa diakali dengan karakteristik dan make-up yang luar biasa sehingga Dohee kadang terlihat lebih dewasa dari usianya.

Untuk penonton dewasa, rata-rata lebih menyukai drama 1994 daripada 1997. Bukan karena kejadian-kejadiannya lebih lawas dan bisa dipahami, tapi karena permasalahan yang dihadapi lebih kompleks dibanding Reply 1997. Apalagi chemistry tiap pemainnya terasa lebih dekat dan erat berkat tinggal serumah, membuat mereka seperti sebuah keluarga berisik dengan banyak anak. Penasaran? Tonton dulu trailernya di bawah ini. Selamat menonton!

9,186 total views, 6 views today

Leave a Reply