The Attorney (Byeonhoin) adalah salah satu film korea yang menjadi sensasi Box Office di Korea Selatan pada minggu perdananya tahun 2013 kemarin. Film box office yang dibintangi oleh Song Kang-ho, Im Shi Wan dan Lee Sung Min ini bahkan mendapat sambutan yang hangat dari beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. “The Attorney” yang sempat ditayangkan di bioskop Amerika bahkan menjadi perbincangan para kritikus film. Karena alasan tersebutlah, kami memilih untuk mereview film ‘The Attorney” ini.

“The Attorney” menceritakan tentang seorang pengacara lulusan SMA, Song Woo-suk (Song Kang-ho) yang mengubah prinsip hidupnya selama ini karena tergerak menolong seorang pemuda Park Jin-Woo (Siwan) dan kawan-kawannya. Di film ini Song Woo-suk berani mengambil resiko, mengikuti nalurinya sebagai manusia dan membuang impiannya untuk hidup makmur demi membela kebenaran dan keadilan yang direnggut dari orang yang tidak bersalah.

 the attorney 3

Setelah mengetahui perlakuan kejam dan tidak adil yang dilakukan oknum pejabat terhadap Jin-Woo, pengacara Song Woo-suk akhirnya memilih untuk membela pemuda itu. Meski dia dan keluarganya harus mendapat tekanan dan ancaman, Song Woo-suk bertekad untuk melawan para pejabat negara yang telah mengkambinghitamkan Park Jin-Woo dan teman-temannya dengan tuduhan anggota komunis yang hendak memberontak pada negara.

Cerita film ini terinspirasi dari “Burim Case” tahun 1981, di rezim authoritarian Chun Doo-hwa, 22 siswa, guru dan pekerja kantoran yang tergabung dalam sebuah klub buku ditangkap tanpa surat perintah dengan tuduhan palsu bahwa mereka adalah simpatisan Korea Utara. Roh Moo-hyun seorang pengacara pajak dari Busan membentuk tim legal bersama teman-temanya untuk membela mereka yang mendapat tuduhan palsu melawan negara. Setelah kasus tersebut, Roh menjadi seorang pengacara hak asasi manusia yang berpengaruh dan memasuki dunia politik sampai akhirnya menjadi presiden ke-9 Korea.

Menurut kami, film “The Attorney” ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yakni :

1. Tema cerita yang realistis, menarik sekaligus menyentuh

the attorney 4

Cerita tentang seorang pengacara yang rela membuang impiannya untuk hidup tenang hanya demi membela sebuah kebenaran dalam film ini sangatlah menarik. Kisah perlawanan seorang pengacara yang berani melawan jendral berpangkat tinggi yang bersaksi palsu di persidangan digambarkan dengan sangat detail.

2. Great acting from Im Shi-wan dan Song Kang-ho

the attorney 2

Dalam film ini, aktor Im Shi-wan (yang sukses besar dengan drama Misaeng) dan Song Kang-ho sangat berhasil dalam menjiwai  perannya dengan total. Berbagai emosi seperti kemarahan, kebencian, ketakutan dan kepiluan berhasil dibawakan dengan sempurna terutama pada bagian proses penyiksaan dan persidangan.

Adapun kekurangan dari film ini adalah sinematografi yang kurang maksimal serta cerita yang terlalu fokus pada masalah karakter utama. Cerita seorang wartawan dan beberapa karakter yang membantu pengacara seharusnya lebih dieksplor lagi agar pemahaman dan maksud dari film ini bisa tersampaikan dengan lebih baik. Walaupun begitu menurut kami film The Attorney adalah sebuah film yang sangat menarik untuk diikuti dengan pesan moral dan sosial yang sangat relevan. “Invisible Hand” para orang berkuasa yang kebal hukum bukan lagi hal baru dan keberanian pengacara Song Woo-suk adalah hal langka dan patut diteladani. 

Bagi yang penasaran dan belum nonton film ini, yuk tonton dulu trailernya:

 

 

10,188 total views, 12 views today

Leave a Reply