Sidang mediasi atas gugatan antara ex-member ‘EXO’ Kris dan Luhan dengan SM Entertainment ditunda hingga bulan depan. Awalnya sidang mediasi dijadwalkan pada 27 Februari, tapi akhirnya harus ditunda dan dijadwalkan ulang pada tanggal 27 Maret. Sidang tersebut merupakan yang keempat. Pada sidang terakhir tanggal 6 Februari, kedua belah pihak masih belum mencapai kesepakan.

Penundaan ini kemungkinan disebabkan gugatan yang diajukan SM pada awal bulan, dimana SM menuding bahwa Luhan dan Kris telah melanggar kontraknya dengan SM. Meskipun mereka telah mengajukan gugatan kepada SM karena masalah kontrak kerja, tetapi sampai saat ini mereka masih berada dibawah manajemen SM sehingga aktivitas yang mereka lakukan di China dianggap ilegal karena tidak ada izin dari SM sebagai manajemen resmi mereka. Beberapa hari setelahnya, SM juga mengajukan gugatan lain pada Luhan dan perusahaan produksi film yang akan Luhan bintangi karena alasan yang sama dengan gugatan sebelumnya.

Gugatan itu dilayangkan SM karena perusahaan yang dipimpin oleh Lee So-Man ini merasa dirugikan dengan tidak mendapatkan keuntungan dari aktivitas Luhan dan Kris seperti menjadi bintang iklan, film serta acara TV lainnya, padahal mereka masih terikat kontrak dengan SM. Karena gugatan tersebut Kris dan Luhan terpaksa membatalkan penampilan mereka di salah satu stasiun TV China ‘CCTV Spring Festival Gala’.

Pihak Luhan dan Kris merasa bahwa SM berusaha melakukan sabotase dan membatasi aktivitas mereka di dunia entertainment sama seperti yang SM lakukan pada grup JYJ yang keluar dari group DBSK beberapa tahun lalu. Pihak mereka juga mempertanyakan keinginan SM untuk bisa bernegosiasi mencapai kesepakatan. Selain itu, mereka khawatir dengan image Luhan karena pernyataan SM yang menyebutkan bahwa Luhan keluar dari EXO hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi dengan memanfaatkan popularitas EXO.

Masalah ini semakin kompleks karena SM juga akan segera mengajukan tuntutan pada Kris dengan alasan yang sama seperti gugatannya pada Luhan. SM bahkan berencana mengajukan gugatan baik itu pada individu maupun perusahaan jika melakukan promosi secara ilegal di China, Hong Kong ataupun negara lainnya. Gimana menurut kamu K-Pop lovers? Siapa yang akan menang, Luhan dan Kris atau SM?

Sumber: kpopstarz.com dan allkpop

4,276 total views, 6 views today

Leave a Reply