Sering menonton drama Korea dengan plot yang serupa? Hal ini tidak mengherankan karena banyak drama Korea menggunakan tema dan plot yang sama namun dengan “bungkus” yang berbeda. Contoh tema klise yang paling sering digunakan adalah; Cinderella story, si kaya menyukai si miskin, penolakan orang tua si kaya, benci jadi cinta, tokoh utama yang dingin, heroine yang tidak pernah putus asa, dsb. Kali ini kami akan membahas plot-plot yang sering digunakan di drama korea, berikut ulasan dari kami:

1. Amnesia

master sun 2

Pernahkan Anda menonton drama yang tokoh utamanya mengalami kecelakaan, dioperasi dan setelah dia sadar, dia tidak ingat apapun termasuk orang yang dia cintai? Sebagai penikmat drama, kami merasa terganggu dengan plot amnesia ini padahal drama tersebut sudah memiliki storyline yang bagus di awal, contohnya Master’s Sun. Drama ini memiliki ide cerita yang menarik dan berbeda. Tetapi, di pertengahan episode si tokoh utama pria malah kehilangan sebagian ingatannya dimana dia hanya lupa tentang kenangannya bersama sang kekasih. Plot yang sama seperti Master’s Sun juga akan kamu temukan di drama Trot Lovers. Contoh drama lainnya yang menggunakan plot amnesia ialah Boys Over Flower, Fated to Love You, I Hear Your Voice, dll.

2. Wanita miskin dengan pria kaya saling jatuh cinta tapi ditentang orang tua

heirs04-00480

Wanita miskin bertemu dengan pangeran tampan, kaya, dan tergila-gila dengannya. Awalnya tidak suka dan saling benci. Tetapi karena selalu bertemu akhirnya mereka jatuh cinta. Orang tua si pria tidak setuju dengan hubungan mereka karena perbedaan status sosial dan berusaha memisahkan mereka dengan menggunakan kekayaannya. Si wanitanya pun mulai menjauh, tapi di akhir cerita mereka akan hidup bahagia. Plot yang seperti ini juga berkaitan dengan tema anak orang kaya atau “chaebol” dan sering digunakan di drama Korea.

3. Poor but rich

cantabile14-00196

Masih ingat tokoh Cha Eun-Sang di drama The Heirs? Yups, tokoh yang diperankan oleh Park Shin-Hye tersebut berasal dari keluarga miskin, namun Eun-Sang bisa memiliki handphone versi terbaru dan pakaian bermerek. How could this happen? Hal yang sama juga akan Anda temukan di drama Tomorrow Cantabile dimana Shim Eun-Kyung memiliki apartemen yang sangat besar, sesuatu yang tidak mungkin mengingat perannya sebagai mahasiswa miskin di drama tersebut.

4. Menyamar menjadi lawan jenis

to the beautiful you

Jika kami menyebutkan drama To The Beautiful You, You’re Beautiful, dan Coffee Prince, apa yang ada dipikiran Anda? Seorang wanita yang menyamar menjadi pria. That’s right, opposite sex. Wanita tersebut harus memotong pendek rambutnya dan bergaya seperti laki-laki, karena itu merupakan kewajiban jika dia mau masuk ke sekolah atau bekerja di tempat tersebut.

5. Benci jadi cinta

Plot yang terlalu sering dan bahkan seperti menjadi favoritnya para penulis drama korea. Kata orang, benci adalah benar-benar cinta. Bagaimana menurut kamu? Apakah hubungan cinta kamu seperti drama korea yang saling benci di awal? Atau pernahkah kamu menyukai orang yang arogan, egois, sombong, pamer seperti kebanyakan peran utama di drama korea? Semua drama yang kami sebutkan di atas secara keseluruhan memiliki plot ini.

6. Tokoh Utama yang mengidap penyakit parah

autumn in my heart

Endless Love atau Autumn in My Heart adalah sebuah drama fenomenal di masanya yang dibintangi aktor dan aktris top korea seperti Song Hye-Kyo dan Song Seung-Heon. Fokus utama drama ini adalah perjuangan si heroine Eun-Suh yang sakit leukimia agar bisa menikmati sisa hidupnya dengan bahagia bersama kakaknya Joon-Suh. Tujuan utama plot ini adalah menguras emosi penontonnya namun sangatlah klise.

Tentu masih ada beberapa plot lainnya yang sering digunakan di drama Korea. Tetapi kurang lebih plot-plot yang kami sebutkan di ataslah yang paling sering digunakan. Bagaimana menurut kamu? Plot apa yang menurut kamu paling annoying dan overused?

7,934 total views, 2 views today

Leave a Reply